Selasa, 30 Juni 2015

10 Masjid Terbesar di Dunia 2015

10. Masjid Sheikh Zayed


Masjid Sheikh Zayed adalah masjid terbesar ke 10 di dunia, terletak di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab.Masjid Sheikh Zayed juga merupakan masjid terbesar di negara tersebut. Ukuran Masjid Sheikh Zayed adalah sekitar 22,000 meter persegi. Masjid Sheikh Zayed memiliki kapasitas sekitar 40 ribu orang ketika sholat berjamaah. Masjid Sheikh Zayed dicetus oleh Presiden Uni Emirate Arab yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan
9. Masjid Faisal

Masjid Faisal adalah masjid terbesar ke 9 di Dunia. Masjid Faisal juga merupakan masjid terbesar di Pakistan, terletak di ibu provinsi Islamabad. Keindahan arsitekturnya menghiasi masjid ini seluas 5,000 meter persegi dengan kapasitas 300,000 jamaah. Masjid Faisal dijadikan sebagai Masjid Nasional Pakistan ketika rampung pada tahun 1986, Masjid ini dibiayai dan dibangun oleh Raja Faisal bin Abdul-Aziz (Raja Arab Saudi) . Masjid Faisal juga pernah menjadi masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993 sebelum dikalahkan oleh Masjid Casablanca dan perluasan Masjid suci al-Haram.
8.Masjid Jama


Masjid Jama adalah masjid terbesar ke 8 di dunia yang mana terletak di kota Delhi, India. Masjid Jama dibangun pada tahun 1656. Masjid Jama memiliki kapasitas 85,000 jamaah. Masjid ini didirikan oleh Kaisar Mogul, Syah Jehan, yang juga membangun Taj Mahal. Masjid ini juga menyimpan sebuah Al Quran yang terbuat dari kulit ursa.
7. Masjid Badshahi


Masjid Badshahi merupakan masjid terbesar ke 7 di dunia dan juga masjid terbesar di Pakistan. Masjid Badshahi terletak  di kota Lahore,Pakistan. Masjid Badshahi selesai dibangun pada 1673. Masjid Badshahi memiliki kapasitas 100,000 jamaah. Masjid ini dibangun oleh Kaisar Mughol, Aurangzeb. Pembangunan ini memakan waktu 2 tahun. Masjid besar ini memiliki empat menara di empat penjuru luar masjid yang masing masing setinggi 54 meter ditambah lagi empat menara di empat penjuru bangunan utama masjid dan halaman tengah seluas 254,000 meter persegi.
6. Masjid Hassan II


Masjid Hassan II merupakan masjid terbesar ke 6 di dunia. Masjid Hassan II terletak di Casablanca, Morocco. Masjid Hassan II juga merupakan masjid terbesar di negara tersebut. Masjid Hassan II memiliki kapasitas 105,000 jamaah. Masjid Hassan II rampung pada tahun 1993. Masjid ini didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygeus. Masjid ini dibangun untuk memperingati ulang tahun mendiang Raja Maroko Hassan II. Masjid ini dibangun menjorok ke samudera Atlantik sehingga membuatnya terlihat seakan berada di tengah laut layaknya sebuah masjid yang benar-benar terapung.
5.Masjid Istiqlal


Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar ke 5 di dunia. Masjid Istiqlal terletak di Jakarta, Indonesia. Masjid Istiqlal juga merupakan masjid terbesar se Asia Tenggara. Masjid Istiqlal memiliki kapasitas 120,000 jamaah. Masjid ini digagas oleh Presiden Indonesia pertama yaitu Ir.Soekarno. Dibangun pada tahun 1951 masjid ini rampung 27 tahun kemudian. Selain untuk beribadah Masjid ini juga merupakan pusat aktivitas organisasi islam di Indonesia.
4. Masjid Taj ul Masajid


Taj ul Masajid merupakan masjid terbesar ke 4 di dunia, terletak di kota Bhopal, India. Taj ul Masajid rampung pada tahun 1901.Masjid ini memiliki kapasitas 400,000 jamaah. Taj ul Masajid  juga digunakan sebagai madrasah. Pembangunan masjid ini digagas oleh kaisar Mughol, Nawab Shah Jahan Begum. Pembangunan masjid ini sempata terhenti akibat Perang 1857 hingga akhirnya rampung pada tahun 1985.
3. Kuil Imam Reza





Kuil Imam Reza merupakan masjid terbesar ke 3. Kuil Imam Reza terletak di Mashhad, Iran. Kuil Imam Reza adalah masjid terbesar pertama berdasarkan luas dan terbesar ke 2 berdasarkan kapasitas. Masjid ini memiliki luas 600,000 meter persegi dan kapasitas 700,000 jamaah. Kuil Imam Reza dapat dikatakan sebuah komplek yang mana memiliki makan Imam Reza , makam ke delepan Dua Belas Syiah. Di komplek ini juga terdapat Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminar, kuburan, Universitas Razavi Ilmu Islam, ruang makan untuk peziarah, ruang doa yang luas, dan bangunan lainnya.

2. Masjid al-Nabawi 







Masjid al-Nabawi  merupakan masjid terbesar ke 2 di dunia. Masjid al-Nabawi terletak di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini merupakan tempat suci umat islam ke dua. Masjid ini juga merupakan masjid yang dibangun ke dua dalam sejarah dunia. Dibangun pada tahun 622 M oleh Nabi Muhammad SAW di samping rumah yang ia jumpai ketika hijrah ke Madinah.Di dalam masjid ini juga ada kuburan Nabi Muhammad SAW beserta sahabat-sahabatnya. Di zaman modern, Raja Abdul Aziz dari Kerajaan Saudi Arabia meluaskan masjid ini menjadi 6.024 meter persegi pada tahun 1372 H. Perluasan ini kemudian dilanjutkan oleh penerusnya, Raja Fahd pada tahun 1414 H, sehingga luas bangunan masjidnya hampir mencapai 100.000 m², ditambah dengan lantai atas yang mencapai luas 67.000 m² dan pelataran masjid yang dapat digunakan untuk salat seluas 135.000 m². Masjid Nabawi kini dapat menampung kira-kira 535.000 jemaah.

1. Masjid al-Haram





Masjid al-Haram merupakan masjid terbesar di dunia. Masjid al-Haram terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Masjid ini merupakan tempat suci pertama bagi umat muslim. Masjid ini mengelilingi Kaaba, yang mana para muslimin dari penjuru dunia mengelilinginya ketika melakukan ibadah (Kiblat). Masjid al-Haram memiliki kapasitas 900,000 jamaah dan 4,000,000 jamaah pada musim haji dan total luas 380,000 meter persegi. Masjid ini telah diperluas beberapa kali dan saat ini telah dijalankan perluasan ke empat. Perluasan ini akan menambah kapasitas 500,000 jamaah dan memperluas kawasan masjid.


Desain Perluasan Masjid Al-Haram

foto proyek perluasan masjid pada Ramadhan 2015

Subhanallah.. masjidnya bagus-bagus sekali ya, bagaimana menurut kawan semua? Masjid favorit kalian yang mana? jangan lupa comment di bawah :)
Sumber foto berasal dari Google, saya tidak memiliki semua foto di atas

2 komentar: