Kamis, 17 Desember 2015

Tips dan Trik Lulus Tes SBMPTN (Pengalaman)

Bismillahirahmannirahim

Sebelum kalian membaca artikelnya, perkenalkan diri saya Achmad Mawardi Nur El Fayed, mantan murid SMAN 21 Jkt. Saya sekarang adalah mahasiswa baru di ITB. Alhamdulillah saya masuk ke fakultas yang saya mimpikan yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) tahun 2015. Di sini saya ingin berbagi pengalaman dan trik jitu yang InsyaAllah berhasil 99% untuk para pembaca artikel ini.

SBMPTN, kata yang tidak asing bagi para pelajar SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Tes yang terbilang susah dan kata orang hanya orang pintar yang bisa lolos di sini. Tapi percaya lah kawan bahwa tak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Tips dan trik yang saya berikan ini adalah hasil pengalaman saya, semoga bermanfaat dan silakan disimak;

SEBELUM SBMPTN

1.Membuat Target dan Realistis
Buat target di sini adalah kalian harus mempunyai tujuan ketika mengikuti tes ini. Sangat dianjurkan memilih pilihan yang benar-benar anda sangat inginkan karena hal itu akan membuat kawan2 termotivasi. Lalu maksudnya apa sih realistis itu? Realistis di sini adalah kawan harus bisa menilai seberapa sanggup kawan2 semua dalam mengambil pilihan SBMPTN itu. Misalkan jika "maaf" kalian biasa aja dan tidak pintar2 banget.. janganlah ambil pilihan FK UI, atau FK UGM atau FTI ITB. Karena itu hanya berakhir sia-sia. KECUALI kalau kawan2 semua di sini sangat bersungguh-sungguh dan bertekad untuk merubah pola berlajar demi jurusan dan PTN dambaan.

2.Terbiasa Mengerjakan Soal
Practice makes perfect, ya kata itu menggambar poin ini, rata-rata siswa SMA zaman sekarang kan mengikuti bimbingan belajar untuk menghadapi SBMPTN ini. Saya sangat anjurkan kawan2 semua untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh tempat bimbel itu. Jangan malu bertanya kepada pembimbing jika tidak tahu. Karena semakin terbiasa semakin kalian merasa bahwa soal itu mudah.

3.Hindari Penguasaan Semua Pelajaran
Jujur saya tidak suka pelajaran kimia dan guru pembimbing saya mengatakan bahwa "Lebih baik bagus menyempurnakan pelajaran yang disukai daripada memaksa mengerti pelajaran yg tidak disukai". Kenapa?? karena ketika kalian ingin menguasai semua, pikiran kalian akan buyar dan teracak-acak. Penilaian SBMPTN sama rata loh untuk semua mata pelajaran. Jadi poin di pelajaran yang kalian sukai pasti akan mendongkrak pelajaran yg kawan tidak sukai :D .

4.Kontrol Emosi dan Kesahatan
Dua aspek ini sangat penting, saya sangat anjurkan kalian untuk rutin beribadah (agar hati tenang) dan makan makanan sehat secara teratur. Banyak anak muda zaman sekarang yang sering galau, untuk menghindari itu ya tentu saja harusnya kalian tidak usah pacaa.... (isi sendiri), melainkan buat ibu kalian sebagai pendamping sebelah kalian bukan orang lain :p. Dan perjuangan kawan2 semua akan sia sia jika kalian sakit di hari H. Oleh karena itu makanlah apa yang diberikan orang tua, InsyaAllah sehat dan bermanfaat :).

5.Cari Dukungan dan Doa Orang Lain
Poin yang satu ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Karena kita tidak tahu doa siapa yang akan terkabul oleh karena itu, mintalah ke banyak orang untuk mendoakan kalian. Mulai dari Ibu kalian sendiri, berbakti dan sayangilah kalian kepada dia karena doa seorang ibu mudah dijabah. Lalu rajinlah sedekah infaq kepada fakir miskin atau pemulung yang anda suka temui dan pinta doanya, karena doa orang yg susah mudah dijabah. Dan doakan lah teman kalian untuk bisa lulus di SBMPTN, karena.. Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda
“Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, “Amin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.” :)

6.Mendekatkan Diri kepada Yang Maha Pengatur
Poin paling penting dari semuanya adalah mencari ridho Allah SWT. Untuk para Muslim diharuskan untuk menjaga ibadah wajib dan sangat dianjurkan menjalankan ibadah sunnah setiap hari. Misalnya puasa senin-kamis, shalat rawatib, shalat dhuha, berdzikir setelah shalat, dan yang paling penting adalah SHALAT TAHAJUD. 

"Setiap malam Allah turun kelangit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang akhir. Ia pun berkata 'adakah hamba-ku yang meminta sehingga pasti aku berikan apa yang ia minta? Adakah hamba-ku yang berdoa sehingga pasti aku kabulkan doanya? Adakah hamba-ku yang ber-istighfar sehingga aku ampuni dosanya?" (HR.Al bukhari Muslim).

Shalat Tahajud adalah senjata yang paling ampuh dan mutakhir untuk dapat sukses di tes SBMPTN. Curhatlah kalian kepada Tuhanmu, Memohon lah hanya kepada dia setelah shalat tahajud. Karena InsyaAllah Allah SWT akan menjaba doa itu.

7.Jangan Belajar atau Main di H-1
Yap jangan belajar. Ini nasihat dari tempat bimbel saya, saya laksanakan dan memang ternyata ada manfaatnya. Otak kita pasti lelah belajar sebulan full untuk tes ini.. oleh karenanya biarkan otak kita beristirahat dengan tidak belajar ataupun main. Lakukanlah hal ringan yang kira2 bermanfaat misalnya membantu orang tua membersihkan rumah, atau membantu ikut masak, ngobrol bersama keluarga. Itu semua adalah hal yang sebenarnya bisa membuat hati diri kalian senang.

KETIKA SBMPTN

1.Berangkat Lebih Awal dan Persiapkan Semuanya
Diri kalian akan panik dan terbebani pikiran jika kalian tahu akan telat oleh karena itu kalian harus bisa berangkat lebih awal dan pastinya membawa semua hal yang diperlukan secara lengkap. Makanan dan minuman sangat dianjurkan untuk dibawa karena otak tidak akan bekerja baik jikalau kondisi perut kosong dan haus :D . Tapi jangan salah.. hindari minuman berupa susu karena takutnya kalian akan mules ketika ujian berlangsung, dianjurkan air putih saja. Dan makanannya bisa berupa roti atau biskuit. Jangan berlebihan juga karena kalau kita kekenyangan bisa bikin kenyang bego haha.
BTW INGAT JANGAN PAKE CELANA PENDEK ATAU SANDAL KARENA ITU DILARANG!!

2.Cek Kelengkapan Soal dan Lembar Jawaban
Satu poin yang sangat kritikal, pastikan soal yang kalian terima itu lengkap.. Pengalaman ada pelajar yang tidak mengecek soalnya. Ketika dia telah mengerjakan setengah soal dia tersadar kalau lembar soalnya kurang dan cacad, dan dia harus mengerjakan semuanya dari awal di soal dan LJK yang baru. Kenapa? yaa karena soal dan LJK harus memiliki sistem barcode yang sama. Nah fatal banget kan, oleh karena itu cek dulu deh mendingan soalnya.. nomornya lengkap atau tidak terus LJK nya bagus atau tidak, kalau udah fine semuanya. Baru deh kerjain :)

3.Jangan Lupa Berdoa
Sebelum mulai jangan lupa berdoa, kalau saya doanya membaca surat Al Ikhlas tiga kali, dan banyak istigfar agar dihindari dengan beban lupa, ceroboh, kantuk, dll.

4.Mengerjakan Soal dengan Strategi
Pengalaman saya ketika tes ujian itu, orang-orang lain pada mengerjakan semua soal walaupun mereka tidak yakin dengan jawaban itu. Lalu setelah sesi pertama (SAINTEK) selesai mereka pada membahas soal-soalnya.. ada yang kesel karena salah, ada yang cekikikan karena jawaban ngasal mereka ternyata sama dengan jawaban temannya. Aduhh.. kalau menurut saya harus dihindari hal begitu. Jadi gini, kalau IPA sesi tes pertamanya itu adalah SAINTEK, hal yang bisa bikin otak kalian pusing tujuh keliling. Nah oleh karena itu janganlah terlalu memikirkan apa yang kalian kerjakan di saintek, kalau kalian hanya bisa mengerjakan 20 soal, ya gpp. Yaudah yg berlalu biarkan berlalu.. Jangan dibahas atau disesali karena hal itu bisa membuat kosentrasi kalian buyar di sesi TKPA nanti. Usahakan kalian mendapatkan poin yang sangat besar di TKPA ini dan ingat TKPA membutuhkan ketelitian! jangan buru-buru kerjainnya.
Terus kerjakan dari pelajaran yang kalian kuasai lalu lanjut ke yang tidak begitu. Jangan memaksa ngasal dan jangan kebanyakan tengok kanan kiri karena ngabisin waktu dan bisa dicurigai.


Nah itu semua tips dan trik hasil pengalaman saya, kalau dilaksanakan semua dengan baik InsyaAllah bisa lulus di PTN yang diinginkan. Aamiin!

Kalau teman-teman punya strategi sendiri yg belum disebutkan boleh berkomentar dibawah, atau ada juga yg sama seperti saya? hehe
Kalau mau nanya juga boleh kok, nanti InsyaAllah saya jawab :)
Terima kasih semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. diskusiin sama ortu ttg PTN dan jurusan pilihan kita, mungkin? sama pilih PTN atau jurusan yang "agak" kurang peminatnya?

    btw nomor 7 ezra juga gitu XD

    BalasHapus
  2. Mas, kalo gak kekenyangan tapi tetep bego gimana?

    BalasHapus
  3. Mau tanya dong kalau seumpama di TKPAnya MM tidak dikerjakan sama sekali tapi yang lain dikerjakan ,itu gak mempengaruhi penilaian kan?
    Soalnya denger2 jurusan apa yang kita ambil maka di mapel itulah nilai kita harus baik!!!benarkah seperti itu?
    Contoh: apabila kita ambil jurusan MM maka mapel MM juga harus bagus ...tolong dibalas yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, kalau dulu dari tempat bimbel saya ga ada peraturan kayak gitu. Tapii... ada peraturan yang mengharuskan semua pelajaran memiliki nilai poin positif, alias ga boleh nol atau mines. Jadi semua pelajaran harus minimal memiliki 1 soal poin benar dan tidak boleh tidak dikerjakan sama sekali. Semoga menjawab

      Hapus
  4. Berhasil kak, alhamdulillah kemarin masuk ke ftsl, makasih sarannya kak. Yuk semua ikutin sarannya kak fayed, manjur banget lho.

    BalasHapus
  5. kak mau tanya, kalau tes sbmptn jurusan teknik sipil itu mata pelajaran apa saja yang harus dikerjakan atau harus bagus? mohon pencerahannya. makasih

    BalasHapus