Sabtu, 04 Februari 2012

Inilah 10 Gadget dan Teknologi Terbaik di CES 2012

Bicara mengenai ajang pameran Consumer Electronics Show yang digelar di Las Vegas mulai 10-13 Januari berarti bicara tentang gadget beserta teknologi terkini yang menyertainya. Tak heran ajang bergengsi itu dimanfaatkan benar oleh para vendor elektronik papan atas untuk memamerkan produk high-end miliknya mulai dari smartphone hingga TV dengan layar besar berteknologi terbaru.

Dari sekian banyak produk yang diperkenalkan, 10 gadget atau produk terbaik telah disaring oleh sebuah situs teknologi. Apa saja, yuk kita simak satu per satu 10 gadget atau produk terbaik di ajang CES 2012 versi Techradar.

1. Dell XPS 13 Ultrabook

Ketika ajang CES mulai dibuka beberapa hari lalu, notebook merupakan bintang di ajang itu. Salah satu yang masuk kategori itu adalah Dell XPS 13 Ultrabook. Perangkat ini diklaim bukan sembarang notebook, melainkan masuk dalam line-up pertama dari Intel Ultrabooks, yang dirancang sedemikian tipis dan ditujukan untuk menjadi pesaing notebook besutan Apple, MacBook Air.
Dell XPS 13 tampil mengesankan dengan tingkat kerampingan dari 18 mm hingga 6 mm pada bagian tertipisnya. Pada sektor display perangkat ini hadir dengan layar Gorilla Glass 13.3 inchi dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Spesifikasi lainnya adalah prosesor Core i5, 128 GB SSD dan RAM 4 GB. Notebook ini diklaim sebagai notebook dengan bentuk terbaru di 2012.

2. LG 55-inch 3D OLED HD TV
Walau kehadirannya bukan menjadi sesuatu yang terlalu ditunggu, namun keberadaan televisi terbaru besutan LG ini cukup menyita perhatian.
LG 55-inch 3D OLED HD TV merupakan televisi dengan layar OLED terbesar di dunia. Selain dapat menyajikan gambar luar biasa terang dan jelas, perangkat ini juga datang dengan body yang ramping. Ketebalannya diklaim hanya sekitar 4 mm dengan bezel 1 mm.

Apapun HD TV yang akhirnya menjadi pilihan kita, model yang lebih baru, lebih cerdas, lebih cerah dan lebih ramping bakal siap menjadi kandidat utama yang kita pilih.

3. Samsung 'Smart Evolution' Kit
Ingin melihat perangkat televisi masa depan, mungkin Smart Evolution kit menjadi salah satu contohnya. Samsung mengklaim bahwa Smart TV 2012 akan datang berkat hadirnya fitur 'modular upgrade'.

"Berkat teknologi teknologi system-on-chip yang dimilikinya, Samsung merupakan satu-satunya perusahaan yang dapat menjadikan sebuah TV yang berkembang," kata Samsung.   

4. Fujifilm X-Pro1
Di sektor alat pengabadi gambar perangkat terbaru besutan Fujifilm ini masuk dalam kategori terbaik. X-Pro1 merupakan kamera dengan compact system pertama Fujifilm. Sensor yang telah didesain ulang pada X-Pro1 menggunakan array colour filter terbaru yang terinspirasi oleh kamera film tradisional. Sensor pada kamera itu didukung oleh prosesor EXR terbaru. 

5. Acer Iconia Tab A700

Tablet terbaru besuan vendor asal Taiwan ini merupakan perangkat yang cukup menyita perhatian di awal tahun 2012 ini. Apa yang ditawarkan Acer pada tablet barunya ini terbilang cukup mengesankan. Sebutlah layar 10.1 inchi 1080p, prosesor quad-core 1.3 GHz, serta memori RAM 1 GB.
Untuk konektivitas fitur semacam port HDMI, slot microSD dan port micro USB yang memberikan konektivitas fleksibel di mana pengguna iPad hanya bermimpi untuk itu.

Acer Iconia Tab A700 yang merupakan tablet berbasis prosesor Tegra 3 hadir dengan menjalankan sistem operasi Android 4.0 a.k.a Ice Cream Sandwich.

6. Lenovo IdeaPad Yoga
Sisi menarik yang ditawarkan Lenovo pada perangkat barunya itu adalah bentuknya yang fleksibel. Sumber di techradar bergumam, mengapa kita memerlukan Ultrabook sementara kita bisa memiliki perangkat tablet/notebbok Windows 8 fleksibel flip-and-fold yang dimiliki ‘si pintar’ Lenovo IdeaPad Yoga?
Lenovo IdeaPad Yoga bisa dibilang sebagai gabungan empat perangkat menjadi satu. Kita dapat menggunakannya sebagai notebook 13.3 inchi ataupun sebuah tablet yang stylish. Ketika keyboardnya ditekuk ke belakang, layarnya dapat berdiri layaknya sebuah monitor kecil. Sementara ketika dibuka dalam formasi segitiga kita dapat menggunakannya dalam mode ‘tent’ (kemah).

Desain fleksibel seperti ini akan sedikit memberikan gambaran keunggulan perangkat Windows 8 yang sebenarnya atas para rivalnya seperti iOS dan Android.

7. Razer 'Project Fiona' Gaming Tablet

Prototipe ini merupakan pengejawantahan tablet untuk gaming. Hal itu terlihat dari alat kontrol analog yang disertai di perangkat itu. Razer 'Project Fiona' mengkombinasikan konsep tablet Windows 7 dengan dua alat kontrol game tetap yang menonjol di kedua sisi perangkat yang terlihat seperti telinga.
Perangkat ini didukung oleh prosesor Ivy Bridge Core i7 plus suguhan layar sentuh 10.1 inchi dan terlihat telah menjalankan game Assassin's Creed: Revelations and Skyrim secara baik. 

8. JVC GY-HMQ10 4K Camcorder

Camcorder terbaru JVC GY-HMQ10 4 K ini diklaim mampu meng-capture video dengan resolusi 3840 x 2160 melebihi resolusi full HD 1080p. Dengan resolusi yang ditawarkannya perangkat ini merupakan camcorder 4K pertama di dunia dengan kemampuan merekam dengan resolusi sangat tinggi yakni 3840 x 2160 piksel

9. MakerBot Replicator

Dengan menggunakan alat ini, kita tak lagi perlu untuk membeli mainan baru, kita tinggal menggunakannya untuk mencetak mainan yang diinginkan. Yup, ini adalah perangkat pembuat replikasi bernama MakerBot Replicator.

Tahun lalu, MakerBot telah memamerkan printer 3D satu warna –Thing-O-Matic. Nah, tahun ini MakerBot menawarkan Replicator model baru yang dapat mencetak objek 3D dalam dua warna.

Perangkat ini menggunakan acrylonitrile butadiene styrene (ABS), yang biasanya juga digunakan untuk membuat permainan Lego, atau asam Polyactic, sebuah bahan biodegradable yang terbuat dari jagung. Perangkat ini ditawarkan dengan banderol $1.749.

10. Voice/Motion Control

Kontrol gerakan dan suaara dapat menjadi sinyal dalam sebuah remote kontrol terkini. Kehadiran Kinect yang akan datang di Windows dan Siri untuk Apple TV, menginspirasi sebuah perusahaan Consumer Electronic untuk menambahkan kontrol gerakan dan perintah suara untuk generasi berikutinya pada televisi mereka.
Samsung dan LG adalah dua perusahaan yang telah mendemonstrasikan teknologi itu di CES tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar