Selasa, 16 Juni 2015

7 Kota Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia

1.Dubai (81 Gedung)



Dubai kota yang terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia ini memiliki rekor kota dengan pencakar langit (200m+) terbanyak, dengan jumlah 81 bangunan. Dubai juga merupakan kota yang memiliki gedung tertinggi di dunia yang mana merukapan Burj Khalifah. Dubai juga memiliki kawasan Dubai Marina yang mana merupakan kawasan residential elite di mana bangunan di sana memiliki tinggi rata-rata di atas 200m.


2.New York (80 Gedung)
New York adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di wilayah antara Atlantik Tengah dan Timur Laut dari Amerika Serikat. New York juga dikenal sebagai kota pencakar langit dunia karena sejak dahulu New York telah memiliki bangunan pencakar langit, WTC One Tower sebagai gedung tertinggi di sana dan Empire State Building sebagai icon dari kota tersebut. New York menempati urutan kedua kota terbanyak yang memiliki gedung dengan total 80 bangunan di atas 200m.

3.Shenzhen (70 Gedung)
Shenzhen adalah kota bagian tenggara dari RRC dan terletak bersebalahan dengan kota Hong Kong, Shenzhen dahulu nya merupakan kota nelayan kecil yang akhirnya berubah total ketika pemimpin negara tersebut menetapkan kota Shenzhen sebagai kota pusat industri Tiongkok. Berkembang sangat cepat dalam 20 tahun terakhir ini, memaksa Shenzhen mendirikan bangunan-bangunan tinggi, Kota sebagai pemilik gedung tertinggi kedua ini memiliki jumlah total 70 gedung di atas 200m. Tiga di antaranya merupakan bangunan super ikonik yaitu Ping An IFC, KK 100, Shun Hing Center. 


4.Hong Kong (64 Gedung)
Terletak di tenggara RRC dan berdekatan dengan kota Shenzhen, Hong Kong telah terkenal sejak dahulu sebagai kota perdagangan, berkembang ketika kolonial Inggris menggunakan Hong Kong sebagai pusat ekonomi Asia. Kecil nya kota dan banyaknya penduduk memaksa Hong Kong untuk mendirikan hunian vertikal. Kota Hong Kong memiliki 64 bangunan di atas 200m dengan berbagai bangunan ikoniknya. Hong Kong juga memiliki keindahan kota ketika malam di mana banyaknya lampu hias di setiap bangunan.


5.Shanghai (50 Gedung)
Shanghai merupakan kota terbesar dari negara RRC.Perkembangan kota ini dalam beberapa dekade terakhir telah membuatnya menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial dan komunikasi terpenting di Tiongkok. Shanghai memiliki keindahan pemandangan langit gedung gedung tinggi yang memiliki desain sangat cantik. Shanghai memiliki 50 gedung di atas 200m yang mana salah satu nya adalah Pearl Oriental Tower yang mana icon dari kota tersebut, Shangai juga memiliki gedung tertinggi ketiga di dunia yaitu Shanghai Tower.

6.Mumbai (50 Gedung)

Mumbai merupakan kota ekonomi India sekaligus kota yang memiliki populasi terbanyak di dunia. Kota sibuk tidak pernah beraktifitas, perkembangan ekonomi dan teknologi di negeri India ini membuat kota Mumbai menjadi salah satu pemilik gedung terbanyak dengan total 50 bangunan di atas 200m. Bangunan World One Mumbai akan menjadi gedung tertinggi di kota tersebut begitu pula di India. Kota Mumbai dikenal juga sebagai tempat residensial milliader dunia.

7.Jakarta (43 Gedung)
Jakarta merupakan ibukota dari negara kita Indonesia, ternyata termasuk dalam kategori kota dengan gedung terbanyak di dunia. Jakarta memiliki 43 gedung di atas 200m. Pesatnya pertumbuhan ekonomi beberapa tahun terakhir membuat Jakarta kebanjiran proyek pencakar langit.Tidak nanggung-nanggung gedung ini dibangun tinggi tinggi. Jakarta dengan ikon Wisma 46 beserta bangunan yang lebih tinggi maupun lebih pendek telah menebas kota kota lainnya di Asia Tenggara.


Berikut daftar lengkapnya : 
1. Dubai: 81
2. New York: 80
3. Shenzhen: 70
4. Hong Kong: 64
5-6. Mumbai, Shanghai 50 

7. Jakarta 43
8. Tianjin 39
9-10. Chongqing, Manila 35
11. Kuala Lumpur 31
12. Guangzhou 30
13-14. Chicago, Singapore 29
15. Nanjing 28
16. Tokyo 27
17-18. Chengdu, Shenyang 24
19. Toronto 22
20. Panama City 21
21. Bangkok 20


Bagaimana? Jakarta hebat bukan?!

10 komentar:

  1. Awwhhh Kak Fayed <3 Boleh divisit-visit KIR Douven

    BalasHapus
  2. singapore mana yak??? bangkok mana?? sanghai mana? jakarta bisa ngalahin tokyo? kalo mau membuktikan liat aja di skyscrapercity.com,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibaca dulu artikelnya, ini yang dibahas jumlah "pencakar langit" AKA skyscraper. Skyscraper sendiri artinya gedung yang tingginya melebihi 200 meter. Semoga membantu

      Hapus
  3. Jakarta pantas masuk karena pesatnya ekonomi dan penduduk.

    BalasHapus
  4. Artikel bagus, tapi sebagai masukan bahwa isi yang kamu tulis tidak sepenuhnya tepat. Silahkan kalau mau direvisi ulang.

    BalasHapus