Kementerian Perhubungan terus menjajaki penyediaan layanan kereta supercepat yang akan melayani rute Jakarta-Surabaya. Proyek tersebut diperkirakan akan menyedot anggaran sangat besar. "Anggaran memang sangat besar. Ini yang menjadi pertimbangan. Anggaran bisa mencapai Rp 150 triliun sampai Rp 180 triliun," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dalam acara Seminar Nasional Perkeretapian yang bertajuk "Membangun Kereta Api Indonesia Masa Depan" di Balai Sidang Universitas Indonesia di Depok, Rabu (25/1/2012). Menurut dia, kereta tersebut rencananya berjalan dengan jalur Jakarta-Surabaya dan melayani sembilan stasiun. Dengan kereta api supercepat semacam Shinkansen di Jepang, waktu tempuh perjalanan darat Jakarta-Surabaya yang mencapai 665 kilometer dapat ditempuh hanya dalam waktu tiga jam saja. Ia mengatakan, proyek kereta api supercepat itu memerlukan persiapan hingga lima tahun ke depan. Saat ini, pihaknya sudah melakukan studi awal dan tengah melakukan penjajakan dengan investor. Menurut dia, ada dua investor yang sedang dalam masa penjajakan, yakni dari Jepang dan China. Namun, pemerintah tetap akan turut andil dalam pendanaan proyek tersebut. Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengatakan, pihaknya turut memikirkan masa depan transportasi nasional dewasa ini yang sudah mencapai titik jenuh karena mobilitas penduduk dan ekonomi perkotaan yang makin masif tidak dapat lagi dibebankan pada jaringan jalan raya, baik di kota maupun antarkota. Menurut dia, peran kereta api harus dapat mengambil alih sebagian besar mobilitas kota, baik dengan membangun sistem jaringan kereta api di dalam kota maupun antarkota secara terintegrasi, dengan tata ruang kota dan moda transportasi lainnya. "Kereta api adalah solusi masa depan angkutan penumpang dan barang di Indonesia," katanya. |
Mudah-mudahan bisa terealisasi gan.
Yang penting juga harus benar dipersiapkan secara matang. Harus juga menggunakan jalur khusus yang satu arah dan terpisah dari kereta lain. Klo campur2 bisa bahaya, kereta biasa aja masih suka kecelakaan apalagi yang supercepat.
Pintu perlintasan juga perlu jadi perhatian, secara kereta ini supercepat. Jadi jarak 5km sebelum sampe pintu perlintasan, sudah harus ditutup. bayangin aja klo jarak 1km pintu perlintasan baru bunyi.
bisa2 baru seperempat turun, kereta dah lewat.
Berhubung nilainya sangat besar, klo sampe terealisasi mudah2an aja ga ada korupsi dalam pelaksanaannya.
moga2 jujur alias ga dikorup dana2nya
BalasHapusya kita amin aja dah gan,
BalasHapusmasyarakat gak bisa apa apa skrng di indo :hammer