Minggu, 22 Januari 2012

Imlek Datang, Pedangan Bandeng di Rawa Belong Laris Manis

Imlek Datang, Pedagang Bandeng di Rawa Belong Laris Manis

Jakarta - Ikan bandeng diyakini dapat membawa berkah dan rezeki saat Imlek. Pembeli bandeng membanjiri kawasan Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.

Pengamatan detikcom, Sabtu (21/1/2012), lapak-lapak pedagang bandeng musiman ini berjejer tepatnya di pinggir Jalan Jalan Sulaeman, Pasar Rawa Belong, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Ikan-ikan bandeng segar dijajakan sang pedagang menjelang perayaan Imlek. Harganya pun bervariasi hingga Rp 50 ribu per kilogram. Pembeli silih berganti 'memborong' ikan bandeng tersebut.

"Saya jual per kilo Rp 50 ribu. Kemungkinan harga bisa tinggi besok. Lihat situasi besok," kata Sobari (47), seorang pedagang bandeng.

Atin (60) warga Matraman membeli bandeng untuk disantap bersama keluarga. "Saya merayakan Imlek. Saya beli 1,5 kilogram, kemarin sudah beli 3 kilogram. Ini cuma masalah adat karena bandeng awet setelah dimasak dan bisa disimpan berhari-hari. Ini untuk dimakan bersama keluarga saat silaturahmi," Atin.

Menurut Atin, harga bandeng naik Rp 10.000 dibandingkan hari biasanya. Tetapi, ia tidak mempersoalkannya.

Demikian pula Yanti. Meskipun tidak merayakan Imlek, Yanti juga membeli bandeng. "Ini buat dibakar bersama teman-teman saja. Nggak ada kaitan dengan Imlek," ujar Yanti yang membeli bandeng 2 kilogram ini.

Sementara itu, arus lalu lintas mulai dari arah Palmerah menuju Pengumben tersendat. Kendaraan merayap lantaran banyaknya pengendara yang memarkir motor dan mobil di pinggir jalan.

"Biasanya tiap tahun begini. Kemungkinan puncaknya besok H-1 Imlek," kata seorang petugas keamanan sebuah gedung di jalan itu.

Sumber : http://www.detiknews..com/read/2012/0...-manis?9911012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar