Kamis, 02 Februari 2012

Penawaran Saham Facebook Bernilai Rp 45 Triliun

New York - Facebook.com, Rabu kemarin mengajukan data-data persyaratannya untuk melakukan penawaran perdana (IPO) senilai US$ 5 miliar setara Rp 45 triliun dengan kurs Rp 9.000 per dolar. Bila ini terlaksana maka akan menjadi IPO terbesar sepanjang sejarah untuk saham sebuah perusahaan berbasis Internet.

Setelah lama ditunggu, akhirnya perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia ini mengajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) setelah pasar tutup Rabu, 1 Februari waktu setempat. Facebook tidak menentukan jumlah saham atau proyeksi kisaran harganya. Debutnya diperkirakan akan berlangsung tahun ini sekitar April sampai Mei mendatang.

Perusahaan jejaring sosial yang berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat (AS), ini bermaksud akan menggunakan kode FB untuk sahamnya di bursa. Dalam rencana penawaran saham perdana ini, Facebook akan jauh melebihi nilai IPO perusahaan mesin pencari di dunia maya, Google Inc, yang mencapai US$ 1,67 miliar pada Agustus 2004 lalu. Dari catatan, IPO terbesar di pasar modal AS masih dipegang Visa Inc yang mencapai US$ 17,8 miliar pada Maret 2008 lalu, menurut data Capitallq.

Yang menjadi perhatian publik pada penawaran perdana Facebook adalah laporan keuangan tahun lalu. Pendapatannya yang berakhir 31 Desember kemarin tercatat US$ 3,7 miliar, yang berarti melonjak 88 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan labanya sebesar US$ 1 miliar juga naik dari tahun 2010 yang hanya mencapai US$ 606 juta.

“Awal berdirinya, Facebook tidak diciptakan untuk menjadi sebuah perusahaan, tetapi untuk misi sosial sehingga membuat dunia lebih terbuka dan terhubung," tulis president direktur dan pendirinya, Mark Zuckerberg, dalam sebuah berkas yang disertakan dalam pengajuannya.

Zuckerberg juga mengatakan dalam surat tersebut bahwa perusahaan akan terus memprioritaskan jasa layanan untuk memperoleh keuntungan.

”Dengan berfokus pada misi kami serta membangun layanan yang besar, kami percaya bahwa kami akan menciptakan nilai yang tinggi bagi para pemegang saham dan mitra perusahaan dalam jangka panjang. Dan pada gilirannya akan memungkinkan untuk tetap menarik orang-orang terbaik dan membangun layanan yang lebih besar. Kami tidak dibangun dengan tujuan utama mencari uang, namun kita memahami bahwa cara terbaik untuk mencapai misi kami adalah membangun perusahaan yang kuat dan berharga,” ujarnya.

Total gaji Zuckerberg mencapai US$ 1,5 juta tahun lalu, meskipun US$ 783,5 ribu masuk dalam kategori kompensasi lainnya yang mencakup penggunaan jet perusahaan. Kepala operasional perusahaan, Sheryl Sandberg, membuat gaji dan bonus hampir US$ 382 ribu dengan sekitar US$ 30,5 juta saham. Menurut berkas pengajuan, gaji Zuckerberg akan dikurangi setiap tahun sebesar US$ 1, efektif mulai Januari 2013.

Facebook juga mengatakan, sekitar 85 persen pendapatan tahun lalu berasal dari iklan, 12 persen dari pembuat game di jejaring sosial seperti Zynga Inc yang terkenal, seperti Farmville dan CityVille.

Dari data terakhir 31 Desember 2011 lalu, pengguna aktif Facebook mencapai 845 juta, atau naik 39 persen dari tahun sebelumnya. Sebagai penjamin utama penawaran perdana Facebook adalah Morgan Stanley, Morgan Chase & Co, serta Goldman Sachs Group Inc.

1 komentar:

  1. Bisnis yang lagi naik daun saat ini adalah trading online. . Entah itu bursa saham, indexs, maupun Trading Forex. Karena tingkat keuntungan yang di janjikan relatip besar. . Tapi perlu di ingat bahwa hukum ekonomi Semakin tinggi keuntungan maka semakin tinggi pula resikonya. Maka dari itu Sebelum terjun ke salah satu bisnis Trading Online dia haruskan belajar dulu melalui forum maupun mengikuti seminar berkenaan bisnis trading online

    BalasHapus